Sharing Bareng Kang Sulis merupakan sebuah blogger yang berisikan tema Pendidikan.. Apabila ada kesamaan isi blog dengan blog lain dan ketidaksesuaian upload file kami mohon maaf.

Minggu, 17 April 2022

1.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar'

1. Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat seteleh mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara.

  • Menerapkan merdeka belajar bagi siswa dan menyesuaiakannya dengan kodrat alam dan kodrat zaman
  • Menerapkan filosofi “Guru di gugu lan ditiru” bahwa seorang pendidik harus menjadi contoh teladan, fasilitator, dan motivator untuk membentuk kepribadian, karakter bahkan pola pikir peserta didik
  • Dalam proses pembelajaran seharusnya sebuah Lembaga tidak hanya mengejar standart kompetensi saja tetapi harus membentuk manusia yang berkepribadian dan peka terhadap lingkungan di luar sekolah.

2. Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini.

Kekuatan saya sebagai orang tua , teman dan pendidik adalah mengembangkan potensi-potensi peserta didik, menuntun, memunculkan ide-ide baik pengetahuan maupun ketrampilan peserta didik dalam pembelajaran serta diskusi. Untuk menuntun dan memunculkan ide, gagasan pada proses pembelajaran tidak perlu memaksakan kehendak kita, namun ide gagasan tersebut akan muncul tersendirinya saat terjadinya diskusi antar guru dan siswa dalam kelompok. Selain itu sebagai pendidik kita harus menanamkan kepada peserta didik apa arti berterimakasih, saling menghargai sebuah perbedaan pendapat antar teman dan bertoleransi.

3. Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini.

  • Untuk mencapai tujuan pembelajaran tidak hanya berfokus pada materi dikelas saja, tetapi seorang pendidik mampu mengajak peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
  • Menerapkan sistem Momong, Among dan Ngemong, seorang pendidik tidak hanya mengajar saja tapi harus mengasuh dengan sepenuh hati dalam nilai-nilai sosio – budaya dan tidak memaksa. Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan prinsip kebudayaan daerah.
  • Melaksanakan pembelajaran dengan memanfatkan potensi lingkungan, memanfaatkan semua orang menjadi teman sekaligus guru dan pemanfaatan Teknologi Informasi yang berkembang sebagai penunjang pembelajaran

4. Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran KHD

Perubahan yang saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah saya lebih melakukan pendekatan secara intens ke peserta didik dan memberikan teladan bahwa seorang pendidik adalah model yang ideal yang harus ditiru oleh peserta didiknya baik perkataan maupun perbuatan, serta menanamkan arti sebuah kejujuran, kesahajaan dan kebersamaan. Dan selalu membangkitkan semangat dan kesadaran para muridnya untuk melakukan kebaikan, tolong menolong antar sesama, dan gotong ronyong (membudayakan memungut sampah dari lingkungan yang kita lewati). Memberikan kebebasan belajar kepada murid-murid sebagai perwujudan merdeka belajar.

0 komentar:

Posting Komentar