Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Forum Diskusi sesi Pembelajaran Eksplorasi Konsep!
Sebelum Anda memulai diskusi, Anda diminta untuk merenungkan jawaban dari beberapa pertanyaan berikut.
- Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya?
- Apa yang akan saya minta murid pelajari?
- Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?
- Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?
- Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?
Simaklah 2 video berikut ini. Saat menyimak, Anda dapat membuat catatan tentang hal-hal penting yang disampaikan video tersebut.
Untuk lebih memperdalam pemahaman Bapak/Ibu tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi, Anda kami sarankan untuk membaca artikel tentang penilaian pada tautan berikut: Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Setelah menyimak video dan membaca artikel tersebut, Bapak/Ibu akan mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan isi video dan artikel tersebut dengan rekan satu kelas Anda secara asinkron. Anda akan diminta memberikan pendapat tentang isi video dan artikel yang telah disaksikan dan dibaca tersebut.
Namun, sebelum Anda melakukan diskusi pada waktu yang telah ditentukan, mohon untuk membaca aturan untuk forum diskusi tersebut.
Aturan forum diskusi asinkron:
- Pastikan Anda sudah melihat video penjelasan tentang diferensiasi konten, proses, dan produk, video tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, serta membaca artikel tentang peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi!
- Diskusi asinkron ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bersama tentang strategi melakukan pembelajaran berdiferensiasi.
- Sikap berpikiran terbuka (open-minded) dan saling menghormati menjadi nilai dasar dari proses diskusi ini.
- Baik fasilitator maupun CGP lain dapat menawarkan pandangan pribadi, tanggapan, juga respon atau menjawab hal-hal yang sedang didiskusikan.
Pertanyaan untuk diskusi daring:
- Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
- Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
- Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
- Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Karena ini adalah bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum Anda masuk ke alur belajar berikutnya, maka setelah sesi pembelajaran ini selesai, Anda akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.
Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.
Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.
Unggah Diagram Frayer yang telah dilengkapi secara mandiri yang paling sesuai menurut Anda, kemudian unggah Diagram Frayer tersebut 2.1.a.4.2. Unggah Tugas - Eksplorasi Konsep.
Selamat berdiskusi Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!
Diskusi
Setelah menyimak video diatas saya mendapatkan informasi tentang tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: pertama strategi konten, kedua strategi proses, ketiga strategi produk Strategi berdiferensiasi konten: apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil belajar murid. Sebagai seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran kita harus mempersiapkan informasi yang sesuai dengan kesiapan belajar . Bahan ajar yang sesuai dapat membantu murid mengembangkan ide-ide dengan memberikan pertanyaan pemandu dan tantangan. Kita juga dapat melihat minat setiap murid maka diberikan kebebasan pada murid untuk mencari informasi sesuai minat mereka.







0 komentar:
Posting Komentar