Selamat!
Sejauh ini Anda telah melalui setengah perjalanan Pembelajaran yang dipersyaratkan untuk modul ini. Proses pembelajaran yang akan Anda alami selanjutnya akan sangat bergantung pada bagaimana Anda melakukan refleksi dan membuat perbedaan baik dalam cara pandang maupun tindakan Anda sehari-hari sebagai pendidik di sekolah. Kami yakin, saat ini, walaupun Anda telah mendapatkan banyak pengetahuan baru, semakin banyak tantangan yang Anda hadapi dalam praktiknya. Jangan khawatirkan semua kesulitan tersebut. Mulailah mengimplementasikan pengetahuan Anda selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit. Tidak semua teori dapat Anda langsung terapkan. Anda mungkin perlu berhenti sejenak untuk mengamati semua fakta yang ada di depan Anda dan mengubahsuaikan pendekatan Anda.
Sesi pembelajaran ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk melakukan konsultasi daring asinkron secara khusus. Mengapa secara khusus? Karena Anda akan melakukannya dalam kelompok kecil, sehingga Anda dapat membawa langsung permasalahan dalam konteks nyata yang dihadapi di sekolah Anda, untuk didiskusikan dengan fasilitator.
Perlu diperhatikan bahwa jawaban Anda hanya akan dapat diakses oleh fasilitator Anda, sehingga manfaatkanlah kesempatan ini untuk Anda mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan konteks nyata Anda sendiri.
Berikut ini adalah pertanyaan Reflektif yang harus Anda jawab:
- Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
- Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
- Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.
Jawaban :
- Dari materi yang sudah saya pelajari pada modul 2.1 ini pembelajaran berdiferensiasi adalah sulosi yang terbaik dalam membantu permasalahan terkait pembelajaran dikelas. Dalam melaksanakan pembelajaran guru pasti akan mengalami atau menemui berbagai macam karakter pada diri murid, baik dari segi minat, gaya belajar serta kemampuan dari murid dan lain sebagainya. Dengan adanya permasalahan itu semua seorang guru harus mampu mengelola semua perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran diferensiasi ini diharapkan menjadi solusi terbaik dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar murid dan guru mampu merespos kebutuhan dan kesiapan belajar murid.
- Menurut saya pribadi yang sulit diterapkan dalam pembelajaran diferensiasi adalah bagaimana memetakan, mengenali kebutuhan dan kesiapan murid dalam pembelajaran. Apalagi dengan jumlah murid yang rata-rata lebih dari 32 orang yang mempunyai karakter, minat dan gaya belajar yang berbeda-beda. Guru harus benar-benar memikirkan metode atau cara untuk mengenali kebutuhan belajar murid tersebut.
- Dukungan yang saya perlukan adalah dukungan penuh dari semua pihak sekolah baik kepala sekolah guru dan murid serta khususnya orang tua supaya mendorong putra putrinya untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga proses pemetaan yang saya lakukan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.






0 komentar:
Posting Komentar