Sharing Bareng Kang Sulis merupakan sebuah blogger yang berisikan tema Pendidikan.. Apabila ada kesamaan isi blog dengan blog lain dan ketidaksesuaian upload file kami mohon maaf.

Senin, 18 April 2022

1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 1.  Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Nilai diri yang dimiliki setiap guru tergantung sejauh mana guru trsebut mengembangkan diri dan berinovasi dalam stiap aktivitas yang dia lakukan. Semangan banyak seorang guru belajar dan membagikan ilmu yang dimiliki maka semakin berkembang dan melekat juga nilai-nilai yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

2.  Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahui nilai dari guru penggerak, saya merasa masih banyak kekurangan. Belum mengoptimalkan penerapan nilai-nilai tersebut, saya harus mengoptimalkan dan memperbaiki mindset pembelajaran dari “Teacher Center Learning” menjadi pembelajaran full “Students Center Learining”, dan saya akan optimal dalam memperhatikan kesiapan belajar, minat belajar dan gaya belajar pada setiap murid dengan perhatian dengan sepenuh hati. Dengan itu, saya akan selalu mengembangkan ilmu saya dalam menguasai perbedaan karakter dari semua peserta didik.

3.  Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

  • Nilai yang saya miliki sekarang sebagai guru penggerak setelah mempelajari modul ini adalah Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Berpihak pada murid, dan Inovatif.
  • Selalu bekerjasama dengan semua aktivis baik dilingkungan sekolah atau masyaraka sekitar dalam memecahkan masalah dan mencar solusi (kolabratif)
  • Melakukan sharing dengan sesama baik pengetahuan dan ilmu yang saya miliki  (Kolaboratif)
  • Selalu haus akan ilmu dengan ini saya akan mengembangkan ilmu dengan menambah wawasan dengan berliterasi (mandiri), membuat bahan ajar dan media pembelajaran (Inovatif)
  • Bertanggungjawab dengan apa yang saya lakukan baik dalam perkataan dan perbuatan serta (Reflektif)
  • Selalu terbuka menerima kritik dan saran untuk perbaikan tutur, sikap yang saya lakukan (Reflektif)
  • Selalu semangat dalam mencerdaskan anak bangsa dengan pendekatan-pendekatan yang intens (Berpihak pada murid)

4.  Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? 

     Nilai yang perlu saya perkuat adalah :

  • Berpihak pada murid yaitu selalu memotivasi, memberikan kebebasan peserta didik  untuk berkreasi dan memunculkan ide-ide dalam pembelajaran sehingga tercptanya merdeka belajar dan melakukan pendekatan peserta didik dengan hati untuk membentuk karakter-karakter yang diinginkan oleh Dunia Indstri.
  • Inovatif dengan melakukan perencanaan dan berinovasi dalam mengembangkan bahan ajar dan media belajar sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh peserta didik.

5.  Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Yang saya rasakan setelah mengetahui perean dari sorang guru penggerak adalah saya lebih termotivasi dalam belajar mengembangkan ilmu pengetahuan saya dan mengajak teman-teman guru lain untuk mengubah mindset pembelajan yang berpusat pada minat dan potensi peserta didik, dan menggali potensi diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis sebagai penguatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan dalam proses pembelajaran dan berkolaborasi dengan sesame.

6.  Apa yang bisa saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak ?

Yang bisa saya lakukan adalah menanamkan komitmen yang kuat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Berupaya untuk bergerak, berinovasi supaya bisa berkarya untuk menciptakan atau menghasilkan suatu hal yang berdampak positif khususnya bagi diri saya sendiri dan dunia pendidikan pada umumnya.

7.  Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

    Hambatan atau kendala yang saya alami saat ini adalah

  • Belum percaya diri dalam menentukan kebijakan dan mengambil keputusan
  • Masih mempunyai rasa ewuh atau pekewuh dalam mengajak, memberi motivasi kepada teman yang lebih senior dari diri saya.
  • Terkadang saya masih patah semangat (bahasa jawanya mutung) jika menemukan masalah yang krusial dan sulit dalam memecahkannya

        Demikian refleksi terbimbing Nilai-nilai dan peran guru penggerak. Semoga dapat bermanfaat bagi kita bagi diri saya pribadi dan kita semua. Kritik dan saran selalu kami tungg demi perbaikan saya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Dan semoga saya dapat menuntaskan kegiatan Guru Penggerak ini sampai akhir. Aamiin.


0 komentar:

Posting Komentar