Sharing Bareng Kang Sulis merupakan sebuah blogger yang berisikan tema Pendidikan.. Apabila ada kesamaan isi blog dengan blog lain dan ketidaksesuaian upload file kami mohon maaf.

Rabu, 20 April 2022

1.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

A. Pengantar

Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, kita telah berada di tengah Modul 1.3. 

Banyak hal telah coba dipelajari melalui 3 pembelajaran sebelumnya. Mari kita membuat refleksi individu 4P atas proses kolaborasi yang telah kelompok Anda lalui di Pembelajaran 3 dalam menyelesaikan tugas pembuatan pemetaan kekuatan dari setiap aset yang dimiliki. Gunakan poin-poin panduan (4P) yang disajikan pada halaman berikutnya untuk menyusun refleksi Anda.

B. Peristiwa

Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi?

Jawaban :

Dalam kegitan ini, kami melakukan diskusi terkait pemetaan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah masing-masing demi mendukung terwujudnya visi sebagai guru penggerak. Dalam diskusi dibagi dalam dua kelompok yang terbagi masing-masing ada 4 orang anggota. Masing-masing kelompok melakukan diskusi terkait komponen apa saja yang mendukung, apa perannya dan apa manfaatnya demi terwujutnya visi sebagai guru penggerak. Dalam sesi presentasi setiap CGP mempresentasikan asset yang dimiliki oleh sekolah tempat mengajar yang menjadi kekuatan dalam mewujudkan visi sebagai guru penggerak, Sementara anggota kelompok lain menanggapinya dengan melakukan sharing bersama.

C. Perasaan

Perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran?

Jawaban :

Perasaan saya saat proses pembelajaran adalah merasa senang dan lega karena kami bisa memetakan yang menjadi kekurangan dan kekuatan yang dimiliki oleh pribadi dan sekolah saya guna mendukung terwujudnya visi saya sebagai guru penggerak. Dengan adanya pemetaan tersebut bisa kami gunakan untuk panduan atau pegangan saya dalam melakukan perubahan baik pada diri saya pribadi maupun sekolah.

D. Pembelajaran

Pembelajaran apa saja yang diperoleh melalui peta kekuatan?

Jawaban :

Pada pembelajaran ini, kami memperoleh banyak ilmu melalui pemetaan dukungan yang telah dilakukan, diantaranya adalah kita mampu menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam membuat program pengembangan dan pengelolaan managemen sekolah terutama dalam memberikan pelayanan yang maksimal terhadap stake holder.

E. Perubahan

Jika saya ingin membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif; 

  1. Apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut? 
  2. Apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan?
Jawaban :

Dalam membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif, maka dalam implementasinya saya akan mempelajari kembali menggunakan model atau metode BAGJA. Bagimana cara penerapannya, langkah dan strategi apa yang digunakan dalam BAGJA. Setelah memahai konsep BAGJA, saya akan gunakan model ini dalam melakukan managemen perubahan demi terwujudnya visi sebagai guru penggerak. Adapun strategi yang saya lakukan dalam penerapan model BAGJA adalah : 1. Diawali dengan membuat pertanyaan – pertanyaan sebagai stimulus terkait 2. Mengambil pelajaran praktikum baik oleh diri sendiri maupun yang pernah dilakukan oleh orang lain 3. Membuat gambaran dari apa yang diimpikan termasuk hasil yang diperoleh dari gambaran itu tercapai 4. Membuat perancangan dengan membuat capaian yang realistis dan target capaian berikutnya secara berkala, membuat time schedule untuk mengingatkan program yang akan dilakukan. 5. Melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan orang-orang yang terlibat dalam mewujudkan visi tersebut

F. Penutup

Selamat! 

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak telah melakukan refleksi individu dengan baik

0 komentar:

Posting Komentar