Sebelum Anda melakukan refleksi, berikut beberapa pertanyaan yang diharapkan dapat Anda jawab setelah menyelesaikan kegiatan ini.
- Apakah hal yang menarik yang telah Anda pelajari?
- Apakah ada hal baru dalam pemahaman atau praktek pembelajaran yang Anda lakukan selama ini?
- Apakah tantangan yang masih Anda hadapi dalam proses pembelajaran ini?
Selamat! Bapak/Ibu sudah menjalani lebih dari setengah perjalanan kita. Saatnya untuk berhenti sejenak untuk merayakan apa yang sudah Bapak/Ibu pelajari dan lakukan dalam proses bertumbuh sebagai CGP. Selain bertujuan untuk melihat kembali hal-hal positif dan menyenangkan, sesi ini juga memberikan kesempatan pada Anda untuk mengidentifikasikan hal-hal yang masih menjadi tantangan bagi Anda untuk peningkatan proses pembelajaran berikutnya.
Jawaban :
Question #1
Sebutkan 3 hal menarik yang telah Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.
Pembelajaran Social Emosional, mungkin dalam kegiatan sehari-hari sebagai seorang pendidik / guru kita dihadapkan dengan berbagai kesibukan terutama kegiatan KBM, menangani masalah murid, belum lagi kita mendapatkan tugas tambahan disekolah. Dengan itu semua kita akan menjadi sangat Lelah sehingga tenaga kita akan terforsir dan pikiran kita tercabang. Supaya kita sebagi pendidik bisa menjalankanya dengan iklas kita arus mampu mengelola emosi dan focus terhadap diri kita sendiri dengan menerapkan kompetensi social emosional seperti kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan sosial dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab untuk mengelola enam emosi dasar pada manusia.
Penerapan pendekatan kesadaran penuh (mindfulness) dalam pembelajaran social emosional dapat diterapkan sebagai pendidik di sekolah dan bahkan komunitasnya. Seperti contoh penggunakan Teknik STOP. Teknik ini merupakan Teknik sededrhana yang mampu mengelola kondisi kita saat stress dan saat kita emosi yang tidak terkendalikan. Denga Teknik ini kita akan berhenti sejenak menenangkan pikiran serta melakukan take a deep breath untuk memulihkan berbagai emosi muncul akibat fisik kita terlalu Lelah dan terlalu banyak pikiran.
Dalam pembelajaran dan diskusi saya memperoleh pencerahan bagaimana cara kita menguasai kompetensi sosial dan emosional untuk bertahan dalam masalah, menemukan pemecahan masalah, dan menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana saya menyadari dan mengelola emosi, mengelola diri untuk mencapai tujuan, melihat dari perspektif orang lain, menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain, dan mengambil keputusan secara bertangungjawab.
Question #2
Sebutkan 2 hal penting yang Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.
Hal penting dalam mempelajari materi ini, dengan menerapkan kesadaran penuh melalui Teknik STOP, dapat membantu saya khhusunya dan guru lain dalam memingkatkan konsentrasi dan tetap focus apa yang akan kita kerjakan. Dengan Teknik ini kita akan mampu mengelola emosi sehingga pikiran, perasaan, otot-otot tubuh kita akan terasa rileks dan emosi kita akan berkurang.
Sebagai seorang guru kita harus mempelajari, menerapkan 5 kompetensi Sosial dan Emosional. Hal ini sangat penting karena saat kita melaksanakan tugas dan tanggungjawab terkadang kita meluapkan kemarahan, emosi dengan murid bahkan teman dilingkungan sekitar kita. Sehingga dengan kompetensi kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran social, ketrampilan relasi, dan ketrampilan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab dapat kita terapkan dengan baik.
Question #3
Sebutkan 1 hal yang Anda ingin coba dan terapkan dalam kelas! Jelaskan alasan Anda!
Yang akan saya lakukan dan terapkan adalah penerapan pembelajaran dengan kesadaran penuh (mindfulness) dengan maksimal supaya dalam melaksanakan tugas kegiatan belajar mengajar dapt berjalan sesuai dengan kebutuhan, minat, gaya belajar murid. Dalam penerapan pembelajaran tersebut dapat melakukan Teknik STOP, sehingga murid memperoleh dan mampu menerapkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap positif terkait aspek social dan emosional. Dengan Teknik ini pola diarapkan murid akan lebih focus dalam mengikuti pembelajaran, mengurangi stress atau kelelahan dan kegiatan pembelajaran jadi menyenangkan.






0 komentar:
Posting Komentar