Setelah kita membaca penjelasan tentang pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset, Ayo kita lihat ulang jawaban dari pertanyaan pemantik yang telah dicatat sebelumnya.
Selanjutnya silahkan jawab pertanyaan yang disajikan pada halaman berikutnya.
Mulai dari Diri
CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.
1. Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah, Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?
Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sangat bisa di terapkan disekolah. Karena pada prinsipnya sekolah merupakan sebuah ekosistem faktor biotik dan abiotik. Selain itu sekolah juga mempunyai 7 aset yang menjadi modal utama komunitas yaitu modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan / alam , modal finansial , modal politik dan modal agama dan budaya . Pendekatan PKBA juga memberi nilai lebih pada kapasitas, kemampuan , pengetahuan, jaringan dan potensi yang dimiliki oleh komunitas. PKBA berpokus pada potensi aset / sumber daya yang dimiliki pada sebuah komunitas dan digerakan oleh seluruh pihak yang ada didalam komunitas tersebut. Dalam hal ini dapat diterapkan dilingkungan sekolah . PKBA sangat menekankan pada kemandirian pada suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapi dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada dalam diri mereka sendiri yang diharapkan akan lebih berkelanjutan.
2. Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?
- Sumber Daya Manusia seperti kepala sekolah, Guru, Murid, Orangtua/Wali Murid, Dunia Industri (DuDi) dan lain sebagainya
- Sumber daya Fisik atau Sarana Prasarana
- Sumber Daya Pengelolaan Keuangan
- Sumber Daya Informasi
3. Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?
Dalam pengelolaan sember daya disekolah sudah memulai dengan pendekatan PKBA walaupun belum maksimal. Dalam pemanfaatan aset masih ada aset utama yang belum dilibatkan. Selama ini yang kita tahu bahwa aset sekolah itu hanya berupa lahan, bangunan fisik dan sarana prasarana praktik saja. ternyata sangat banyak modal aset yang dimiliki sekolah yang kita abaikan dan tidak dikelola karena ketidaktahuan bahwa hal itu merupakan aset sekolah. Dengan pendekatan PKBA ini sangatlah cocok diterapkan disekolah karena memanglah berfokus pada potensi ast/sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas.
4. Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset?
Untuk mengelola aset dengan Pendekatan Pengelolaan Sekolah Berbasis Aset kita harus banyak belajar dan memahami kondisi detail, potensi apa yang akan dikembangkan pada setiap aset utama sekolah / tujuh aset utama sekolah. Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset yang dilakukan untuk mengelola sumber daya yang dimiliki sekolah dengan cara :
- Fokus pada kekuatan / aset yang dimiliki
- Memotivasi dan mondorong komunitas untuk membemberdayakan aset yang dimiliki
- Membayangkan masa depan
- Memikirkan kesuksesan yang telah diraih dab kekuatan apa yang dimiliki untuk mencapai kesuksesan tersebut
- Merancang sebuah rencana berdasarkan visi, misi dan kekuatan
- Melaksanakan Aksi yang sudah diprogramkan






0 komentar:
Posting Komentar