1. Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?
Sosok pemimpin yang saya temui selama menjadi guru dan mengajar di SMK adalah Beliau Bapak Kepala sekolah sangat sabar dan mengayomi semua warga sekolah. beliau mempunyai sikap merakyat, tidak pernah membeda-bedakan warga sekolah, dari tukang kebun, penjaga sekolah, TU, Guru semua dirangkul. Dalam kepemimpinnya sebelum beliau memberikan perintah selalu memberikan contoh terlebih dahulu.
2. Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Menurut saya pemimpin yang ideal dimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi dan memberikan contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai suatu tujuan organisasi. Seorang pemimpin haruslah mampu mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan serta kegiatan organisasi. Seorang pemimpin harus mampu memahami orang lain, bekerjasama dengan orang lain, mendorong serta memotivasi orang lain baik itu secara individual maupun kelompok.
3. Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.
Ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi ekosistem disekolah yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor Internal berasal dari pimpinan, guru, siswa, komite sekolah serta pendanaan. Sedangkan Faktor Eksternal berasal dari orangtua /wali murid, masyarakat, Dunia Industri dan Organisasi lain. Supaya regulasi ekosistem disekolah berjalan dengan lancar harus dilakukan komunikasi, kolaborasi dan koordinasi dari pihak internal dan eksternal.
4. Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah dengan cara melakukan beberapa kegiatan seperti :
- perencanaan, yang meliputi : melakukan rapat konsolidasi untuk menjelaskan tujuan dan fungsi penggabungan sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, pembuatan RKS, penyusunan program kerja, dan pembagian tugas.
- pengorganisasian, meliputi: melanjutkan dan mengoptimalkan SDM yang sudah ada, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
- pelaksanaan, meliputi: mengarahkan pendidik dan tenaga kependidikan agar memahami visi dan misi sekolah serta tujuan pembelajaran, memberikan contoh dan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya.
- pengawasan, meliputi: melakukan supervisi pendidikan dan mengupayakan selalu berada di dua gedung sekolah serta rutin
- evaluasi, meliputi: melakukan penilaian kinerja yang mengacu pada dua kompenen penilaian yakni kepribadian guru dan proses belajar mengajar.
5. Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Posisi saya dalam ekosistem sekolah adalah terlibat aktif dalam pengembangan potensi murid, memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kemajuan murid, membangun hubungan baik dengan pimpinan, komite sekolah, guru lain, tenaga kependidikan, dan murid, serta memberikan pengaruh positif dalam pengembangan sekolah.
Kekuatan yang saya miliki adalah mampu menggunakan sumber daya secara optimal untuk mengembangkan potensi murid dan mampu memunculkan ide-ide pengadaan dan pemanfaatan sumber daya. Kelemahan yang saya miliki adalah dalam menggerakkan organisasi sekolah dalam pemanfaatan sumber daya, belum bisa bergerak secara sinergi dengan semua komponen.
6. Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Diri Sendiri : Menjadi seorang pendidik yang mampu memaksimalkan sumber daya sekolah yang ada, mampu melaksanakan dan memaksimalkan potensi diri, lingkungan pada proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan.
Murid : adanya perubahan dan peningkatan sumberdaya yang ada disekolah sehingga mampu mengantar murid mencapai tujuannya dalam pengembangan pengetahuan, skill dan karakternya.
Sekolah : mampu mengola dan memaksimalkan sumber daya yang efektif demi terwujudnya tujuan pendidikan nasional.
7. Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Materi yang saya harapkan pada materi ini adalah bagaimana cara dan strategi dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dalam dunia pendidikan
Manfaatyang saya harapkan yaitu saya dapat melakukan identifikasi potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah dan mampu memanfaatkan sumberdaya tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menunjang proses pembelajaran






0 komentar:
Posting Komentar